Translate

Efek Salju

Sabtu, 12 Januari 2013

Manfaat Tanaman Herbal Kayu Ki Koneng

Manfaat tanaman herbal kayu ki konengManfaat Tanaman Herbal Kayu Ki Koneng | Tumbuhan dengan Nama ilmiah Arcangelisia flava (L.) Merr ini, merupakan tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional/alami. Sebutan untuk Jenis tanaman yang satu ini banyak sekali, setiap daerah mempunyai namanya masing-masing. reuy ki koneng adalah sebutan di tatar Sunda, oyod sirawanan atau sirawan kunyit di daerah Jawa,  wali bulan di daerah Ambon,  kayu kuning di Palembang,  oyod koneng di Madura dan  mololeya gumini, di Halmahera Utara.



selain memiliki nama yang berbeda-beda, tanaman ini juga memiliki Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis 

Ki koneng memiliki rasa pahit. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daun ki koneng di antaranya getah perca dan damar. Daun, batang, tangkai, dan akar ki koneng mengandung bahan kimia antara lain barberin dan alkaloid lainnya. Daging buahnya mengandung rat lendir. Sementara bijinya mengandung saponin yang merupakan racun keras untuk ikan.
Efek farmakologis yang dimiliki ki koneng di antaranya anti-inflamasi, mengobati luka, dan antidemam.

Untuk Pelestarian dan Perawatan Tumbuhan ini juga relatif lebih mudah, Perbanyakan ki koneng dapat dilakukan dengan biji atau setek batang. Ki koneng dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik.

Bagian dari Tumbuhan ini yang bisa Digunakan dan Pemanfaatannya adalah Tangkai atau batang segar ki koneng dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

1. Demam
Rebus 10 g tangkai muda ki koneng yang masih segar dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum 2 kali sehari masing-masing i gelas.

2. Gangguan pencernakan dan cacingan
Rebus 1 Jari batang ki koneng segar, 1 jeruk nipis yang sudah dibelah, dan 5 lembar daun sirih dalam 3 gelas air selama 20 menit. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu bagi 2 bagian dan minum dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

3. Sakit kuning
Rebus 1 jari batang ki koneng segar, 1 jeruk nipis yang sudah dibelah, dan lembar daun sirih dalam 3 gelas air selama 20 menit. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu bagi menjadi dua untuk diminum dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

4. Sariawan
Rebus 10 g tangkai muda ki koneng segar dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

0 komentar:

Posting Komentar

Give your comment :::